Amuslimphysician’s Blog


Lambang UGM

Posted in Uncategorized by amuslimphysician on February 6, 2009

 

Entah mengapa dari dulu saya selalu mengagumi lambang dari Universitas Gadjah Mada, yang merupakan universitas cukup tua di negara ini. Simple but elegant. Ya, kalimat itu yang ada dalam benak saya ketika mengamati lambang itu. Meskipun saya pribadi tidak menuntut ilmu di sana, namun rasa cinta akan lambang itu tetaplah ada. Entahlah…

 

Sepertinya rasa cinta dan penasaran akan lambang itu dimulai saat saya duduk dibangku sekolah menengah atas, SMA N 1 Yogyakarta. Jujur, saya sendiri tidak terlalu “maniak” dengan universitas itu, hanya saja begitu “maniaknya” terhadap lambangnya.

 

Berbekal buku panduan akademik 2000 Universitas Gadjah Mada milik sepupu saya yang dulunya kuliah di Teknik Fisika UGM, saya pun mencari apa bentuk dan makna dari lambang itu.

 

Pada halaman delapan buku itu tertulis tentang lambang . Universitas Gadjah Mada memiliki lambang yang bentuk dan maknanya diuraikan dibawah ini.

1.      Pusat lambang berupa surya atau matahari yang berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk lima kesatuan kumpulan sinar. Setiap kesatuan kumpulan sinar terdiri dari Sembilan belas sorot sinar. Surya dan sinar berwarna kuning emas.

2.      Disekitar lubang ditengah surya terdapat dua bentuk lingkaran. Lingkaran dalam terdiri dari huruf-huruf berbunyi: GADJAH MADA. Lingkaran luar, dibagian atas mengandung tulisan UNIVERSITAS, dan bagian bawah mengandung tulisan JOGJAKARTA. Kedua bentuk lingkaran itu bersusun sehingga serupa surya kembar, sedangkan lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk kartika atau bintang bersegi lima.

 

 

3.      Pusat lambang dilindungi oleh lima songkok, ialah topi kebesaran panglima. Diantara songkok terdapat lima tombak. Songkok berwarna putih dan tombak berwarna kuning.

Sedangkan makna dari lambang tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Surya dengan sinarnya dan kartika bersegi lima warna kuning emas melambangkan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah universitas Pancasila. Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi pendidikan tinggi  berdasarkan Pancasila yang memancarkan ilmu pengetahuan. Kenyataan dan kebijakan.

2.      Titik pusat lambang berupa matahari berlubang atau’surya binolong’. Kata surya mengandung makna angka I dan binolong mengandung makna angka 9 sehingga bentuk surya binolong atau matahari berlubang itu mengandung makna angka I dan 9, ialah angka 19. Setiap kesatuan kumpulan sinar pun terdiri dari 19 sorot sinar yang mengandung makna angka 19 juga. Angka 19 merupakan lambang tanggal pendirian Universitas Gadjah Mada

3.      Dua bentuk lingkaran bersusun yang melingkari lubang titik pusat lambang didalam lima kesatuan kumpulansinar-sinar surya berbentuk bintang bersegi lima, serupa sinar kembar dalam kartika atau bintang. Kartika mengandung makna angka I dan surya kembar mengandung makna angka 2 sehingga bentuk kartika surya kembar itu mengandung makna angka I dan 2, yang merupakan bulan pendirian Universitas Gadjah Mada.

4.      Songkok dan tombak masing-masing berjumlah lima melingkari surya dan kartika, melambangkan sifat pahlawan dan perjuangan nasional Universitas Gadjah Mada yang selalu siap sedia dan waspada. Keseluruhannya diliputi dan diresapi Pancasila, kesemuanya itu melambangkan sifat Universitas Gadjah Mada sebagai monument perjuangan nasional berdasarkanpancasila.

5.      Kesatuan kumpulan sinar, segi lima kartika, songkok dan tombak masing-masing berjumlah lima. Kesemuanya melambangkan pancasila sehingga Universitas Gadjah Mada memiliki dasar, sifat, dan tujuan, hakekat pahlawan serta perjuangan nasional demi Pancasila.

6.      Warna putih melambangkan sifat kesucian. Warna kuning emas melingkari warna putih pada hakekatnya merupakan suatu “sengkalan memet”, ialah rumusan kata-kata yang menyiratkan pertalian makna warna putih dan warna kuning emas berbunyi “murnining suci marganing kanyatan” atau kemurnian kesucian adalah jalan kenyataan. Kalimat ini melambangkan angka tahun 1949 yang merupakan tahun pendirian Universitas Gadjah Mada. Kata “murni” mengandung maknan angka 9, “suci” angka 4, “marga” angka 9 dan “kanyatan” angka 1; dengan dibaca dari belakang mempunyai nilai 1949.

 

Hm,, untuk teman-teman saya yang kuliah di UGM ataupun calon mahasiswa UGM, jangan sampai kalah ya dengan saya. Yang begitu mengagumi lambang universitas itu.hehehe.. Ayo, silakan diresapi maknanya dan tentunya dicintai lambangnya! =]

 

3 February 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: