Amuslimphysician’s Blog


Jangan Minum Air Kencing

Posted in Uncategorized by amuslimphysician on February 12, 2009

 

 

 

Beberapa waktu yang lalu, saya dikagetkan oleh sebuah artikel yang membahas tentang air kencing. Judul dari artikel itu adalah “Nikmatnya Minum Air Kencing Sendiri.” Ini merupakan situs pengobatan alternnatif. Dan tentu saja tidak ada bukti yang kuat, atau dalam istilah kedokterannya EBM (Evidence Based Medicine).

 

Mungkin anda pun bertanya heran, memangnya benar ya urin bisa untuk obat? Sangat menjijikkan dan haram tentunya.  Saya pun juga berpikir demikian. Dalam artikel tersebut membahas tentang air kencing yang bisa dipakai menjadi obat dan dinamakan sebagai terapi autourin. Terapi autourin dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti kanker, maag, radang usus, asma, penyakit jantung, tekanan darah tinggi/ rendah, rematik, mandul, sakit kepala, sakit pinggang, dsb, dan juga bisa membuat kulit menjadi halus, flek-flek kulit hilang, rambut uban menjadi hitam kembali, melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing dan menghilangkan sembelit.

 

Waduuuw, sungguh muluk-muluk sekali si penulis mengekspose khasiatnya minum urin. Tentu saja jika memang terbukti dari dulu, rumah sakit sekarang sepi dan tidak akan ada pasien yang menderita kanker, maag, radang usus dan penyakit-penyakit lain yang telah disebutkan oleh si penulis artikel itu, yang tidak jelas apakah dia sudah benar-benar belajar medis  atau hanya sekedar coba-coba.

 

Artikel itu juga menyebutkan bahwa semakin banyak urin yang diminum, akan semakin mempercepat penyembuhannya dari penyakit yang diderita. Disana juga tertulis tentang “tata cara peminuman urin beserta dosis yang dianjurkan, mungkin untuk beberapa orang akan muncul alergi seperti gatal, mencret, ngilu, batuk-batuk, kembung, sembelit, gigi dan gusi ngilu dan nyeri, kepala pening dsb, ini berarti bahwa penyakitnya akan sembuh. Jika terjadi reaksi Koten atau meigen (efek samping) , jangan takut atau panik, boleh berhenti dulu 2-3 hari, setelah hilang gejalanya , hari ke 4 mulai minum lagi urin. Kalau mau minum terus juga tidak apa-apa. Juga boleh minum obat dokter untuk menghilangkan gejalanya sambil tetap minum air seni. Di India kuno orang lazim merawat kesehatan dengan minum satu gelas air seni setiap hari. Kebiasaan ini masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, bahkan adapula orang penting yang pernah melakukannya demi kesehatan pribadinya. Sebagai contoh, pemimpin india , mantan perdana menteri Morarjibhai Desai, merupakan pelopor terapi urin dengan minum 1 gelas air seni setiap pagi. Morarjibhai melakukan hal ini demi menjaga kesehatan badannya. Ia minum mulai umur 65 tahun , selama 36 tahun sampai dia umur 100 tahun. ” Hiiiiiiii….. jijik saya membayangkannya…

 

Padahal artikel itu tidak ada bukti evidence yang menguatkan ataupun hasil studi yang valid. Setahu saya, urin merupakan zat sisa yang diekskresikan tubuh karena didalamnya mengandung zat yang sudah tidak dibutuhkan tubuh, seperti urea, alantoin (hasil oksidasi asam urat), asam urat, ammonia, kreatinine, klorida, sulfat, fosfat, oksalat, mineral, dan hormone. Zat-zat tersebut merupakan sisa metabolism (sampah) yang harus dibuang. Urin yang sudah sampai di vessica urinaria (kandung kemih) berarti sudah benar-benar mengandung zat yang tidak diperlukan tubuh, karena sudah terjadi reabsorbsi di tubulus, terutama di tubulus proximal.

 

Berdasarkan buku fikih kedokteran karangan Walid bin Rasyid as-Sa’idan yang pernah saya baca, disebutkan bahwa boleh menggunakan semua jenis obat-obatan yang ada di muka bumi ini asal bukan yang diharamkan oleh syari’at.

 

Firman Allah “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.” (QS AL Baqarah 29)

Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini diciptakan untuk kita, artinya halal dan boleh dimanfaatkan. Karena seandainya yang ada dimuka bumi ini haram, niscaya tidak akan diciptakan untuk kita.

 

Firman Allah “Katakanlah, ‘Siapa yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk Hamba-hambaNya.’”

(QS Al Araf 32)

Setiap segala sesuatu yang menghiasai semesta ini halal, selama tidak ada dalil yang mengharamkannya. Bantahan Allah pada orang yang mengharamkan sesuatu adalah dalil bahwa pada dasarnya sesuatu itu boleh.

 

Dari dalil diatas, muncul beberapa kaidah cabangnya. Diantaranya :

# Pada dasarnya semua obat itu diperbolehkan sebab tidak ada dalil yang melarangnya. Jadi, pada dasarnya semua obat itu halal dan boleh. Apabila seseorang terkena penyakit, dia boleh memakai obat apapun agar penyakitnya sembuh. Berobat termasuk hal yang mulia seperti dikatakan oleh sebagian ahli fikih. Banhkan berobat itu adalah boleh dan kadangkala malah diharuskan.

# pada dasarnya semua obat yang ada di muka bumi adalah dibolehkan kecuali ada dalil yang melarang penggunaan obat tersebut. Dalam hadist disebutkan, ‘Berobatlah kalian dan jangan kalian berobat dengan sesuatu yang haram.”

 

 

Berdasarkan dalil-dalil diatas dapat disimpulkan bahwa kita memang harus berobat disaat sakit karena berobat itu adalah Sunnatullah. Namun berobat dengan sesuatu yang haram tidak diperbolehkan. Dalam hal ini, pengobatan dengan meminum urin sendiri atau terapi autourin. Jika anda menemukan artikel atau sesuatu yang menganjurkan untuk meminum urin sendiri sebagai upaya untuk pengobatan penyakit, maka jangan sekali-kali mencobanya. Itu sangat menjijikkan, belum ada EBMnya (Evidence Based Medicine) dan tentunya diharamkan dalam Islam.

 

***

                                                                                    5MART 8EFORE BRILLIANT

3 februari 2009

Advertisements

One Response to 'Jangan Minum Air Kencing'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Jangan Minum Air Kencing'.

  1. firdaus said,

    Weh jorok, ndak mau.. banyakan mudhorat nya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: